Slamet Heriyanto

Antisipasi kebakaran mobil, sediakan APAR 1 kg

 



Mencegah kebakaran pada mobil jauh lebih baik daripada mebanggulanginya. Terjadinya kebakaran pada mobil bisa disebabkan hal-hal sepele akibat keteledoran ataupun permasalahan teknis pada komponen mobil. Perawatan yang kurang baik dan tepat pada mobil juga bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran.

Umumnya kebakaran pada mobil disebabkan dari bocornya saluran bensin, terjadi hubungan arus pendek (short circuit / korslet) pada pelistrikan mobil, api rokok pada interior mobil, tabrakan dan lain-lain.

Berikut yang harus kita lakukan untuk mengurangi resiko kebakaran:
  1. Tidak sembarangan memasang aksesori kelistrikan, apalagi dengan yang bukan ahlinya.
  2. Periksa selalu bagian mesin, pada saat akan berkendara, apakah ada benda-benda yang bisa dengan mudah terbakar, seperti misalnya kertas, tissue¸kain atau plastik.
  3. Periksa saluran oli dan bahan bakar, apakah ada kebocoran yang menyebabkan cairan tersebut keluar, sehingga memicu munculnya api karena suhu panas di ruang mesin
  4. Jangan membawa kemasan berisi bahan mudah terbakar ke dalam mobil, diantaranya bensin, kaleng yang beraerosol (obat nyamuk semprot atau cairan pembersih kendaraan).
  5. Ketika sedang berkendara dan mencium bau angus atau bau seperti ada plastik yang terbakar, segeralah menepikan kendaraan dan memeriksa sumber bau tersebut.
  6. Jika ternyata ada asap yang keluar dari sumber asap segeralah lepaskan kepala aki dan berusaha untuk memadamkan api dengan tetap mengutamakan keselamatan diri anda dan orang disekitar.
Perlunya menyediakan Alat Pemadam Api Ringan dalam setiap mobil,dapat menghindarkan resiko kebakaran yang besar.

Selalu ingat, kebakaran ditentukan oleh tindakan pemadaman kurang dari 3 menit pertama.Lewat 3 menit kebakaran cenderung membesar dan tidak dapat diatasi dengan APAR.

Sediakan selalu APAR 1 kg untuk tindak preventif kebakaran mobil

Karena dalam mobil sekaligus ada 3 komponen kebakaran A (padat), B (cair) dan C (elektrik), maka pilihan APAR adalah :

  1. APAR MULTRON clean agent
  2. APAR ABC POWDER Avenger

JUAL ALAT PEMADAM API RINGAN PALING MURAH KONTAK HP/SMS/WA : 0852 57 416 916